Tips Persiapan Awal untuk Menjadi Mahasiswa PTN

Jadwal seleksi masuk PTN memang masih lama, tapi bukan berarti kamu bisa menunda persiapan untuk menjadi calon mahasiswa PTN. Persaingan untuk mendapatkan PTN bukan hal yang mudah, terutama jika PTN atau jurusan yang kamu incar masuk dalam jajaran favorit. Semakin bertambahnya jumlah calon mahasiswa yang ingin masuk ke PTN dari tahun ke tahun juga menjadi penyebab persaingan yang semakin ketat. Untuk itu, kamu perlu persiapkan dirimu sebaik-baiknya demi mengalahkan para pesaingmu.

Foto : PPSMB Palapa UGM

Persiapan paling awal yang perlu kamu lakukan adalah :

1. Mencari informasi tentang jurusan

Jika kamu sudah memiliki target jurusan yang akan kamu ambil, itu adalah sesuatu yang bagus. Tapi kamu tetap perlu mencari informasi jurusan lain yang kamu minati untuk kamu jadikan 'plan B' jika jurusan utama yang kamu pilih ternyata tidak tercapai.

Wawasan mengenai jurusan ini sangat penting supaya kamu bisa lebih terarah dalam menentukan tujuan kuliahmu, dan supaya kamu tidak kelabakan saat kamu sudah mengikuti beragam tes namun gagal. Juga supaya kamu tidak asal memilih jurusan hanya dengan tujuan kamu bisa diterima di PTN, lalu akhirnya kamu lepas karena ternyata kamu tidak minat di jurusan itu.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan, mulai dari minat akademis kamu, bakat kamu dalam suatu bidang tertentu,  atau mungkin juga peluang kerja. Silakan pertimbangkan dengan matang, dan  kamu juga bisa bertanya pada senior yang sudah menjadi mahasiswa di jurusan tersebut.

Jangan sampai nantinya kamu merasa salah jurusan karena kurang mencari wawasan mengenai jurusan kuliah.

2. Mempertimbangkan pilihan kampus kamu 

Masuk ke kampus favorit memang menjadi impian bagi banyak orang, tapi bukan berarti kampus yang tidak favorit hanya sekedar 'buangan'. Ini adalah pola pikir yang perlu diluruskan, karena setiap kampus juga mempunyai standar kualitas dan juga selalu berusaha untuk menyamakan kualitas mereka secara nasional.

Tidak perlu merasa gengsi jika kamu memilih kampus yang tidak cukup favorit, karena semua akan kembali pada diri masing-masing. Siapkan berbagai rencana pilihan kampus, seandainya kamu tidak lolos di SNMPTN atau SBMPTN, kamu sudah harus menentukan kampus apa yang akan kamu coba melalui jalur mandiri.

Jika kamu berencana kuliah ke luar kota, kamu juga bisa pertimbangkan biaya kuliah serta biaya hidup di sana.

Terkadang, jalur mandiri PTN memang lebih mahal. Kamu juga bisa mencari cadangan kampus swasta di awal, karena biasanya biaya kampus swasta di gelombang awal lebih murah.

3. Komunikasikan pilihan kamu dengan senior maupun orang tua

Memilih jurusan kuliah ibarat memilih jalan hidup, karena hidupmu mulai akan terfokus pada apa yang akan kamu pelajari. Maka, sangat disarankan kamu juga meminta pertimbangan dari para senior, guru, juga orang tua supaya kamu bisa mendapat lebih banyak wawasan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan, bahwa kamu yang akan menjalani hidup kamu sendiri. Oleh karena itu, jadikan semua masukan sebagai pertimbangan, bukan sebagai patokan mutlak. Karena kesuksesan tidak bisa diwariskan.

No comments

Silakan berikan komentar kamu dengan tetap menjaga etika.

Powered by Blogger.