Berminat Ikut Ujian Nasional Perbaikan?



Meski sempat diwacanakan untuk dihapus, ternyata Kemendikbud secara diam-diam kembali mengadakan Ujian Nasional Perbaikan. Ujian Nasional Perbaikan memang sebuah program yang baru dilaksanakan pada tahun 2016 lalu, namun karena dirasa kurang efektif, UN Perbaikan 2017 sempat direncanakan untuk dihapus, dan sebagai gantinya akan dilaksanakan bersamaan dengan UN 2018.

Tentunya program ini sangat berbeda dengan zaman dulu ketika UN masih menjadi penentu kelulusan.

Dulu, siswa yang tidak lulus UN dianggap tidak lulus dari sekolah, dan solusinya siswa bisa mengikuti ujian persamaan atau yang dikenal juga dengan Kejar Paket C. Kebijakan tersebut juga mengundang kontroversi karena siswa yang sudah bertahun-tahun mengenyam pendidikan formal menjadi tidak diakui.

Ujian Nasional Perbaikan yang kali ini disebut Ujian Nasional Gelombang II juga membuka kesempatan bagi yang belum sempat melaksanakan UN untuk ikut berpartisipasi. Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan atau Ujian Nasional Gelombang II ini gratis, tidak dipungut biaya.

Jika kamu mengikuti UN Perbaikan, ijazah kamu tidak akan terpengaruh, tidak akan berubah menjadi ijazah paket C. Hasil UN Perbaikan akan disampaikan dalam bentuk SHUNP (Surat Hasil Ujian Nasional Perbaikan). UN Perbaikan secara resmi diadakan langsung oleh Kemendikbud bagi siswa yang ingin memperbaiki nilai UN-nya.

Bagi kamu yang memilih untuk langsung bekerja setelah lulus SMA/SMK, maka UN Perbaikan dapat menjadi pilihan. Nilai UN Perbaikan akan diambil dari nilai yang tertinggi, sehingga jika pada UN Perbaikan ini kamu belum meraih nilai lebih tinggi, maka hasil UN sebelumnya tidak akan terpengaruh.

Kamu hanya boleh mengikuti UN Perbaikan pada mapel tertentu yang nilainya kurang atau sama dengan 55 pada mapel tertentu, artinya jika kamu memiliki nilai 56, maka kamu tidak diperbolehkan mengikuti UN Perbaikan.

Jika nilai kamu kurang di mata pelajaran Matematika, maka kamu hanya perlu mengulang mata pelajaran Matematika saja, tidak harus mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.

Pelaksanaan UN Perbaikan juga tidak harus di sekolah asal. Jika sekolah asal kamu di daerah Semarang, dan sekarang kamu bekerja di Jakarta, maka kamu tidak perlu kembali ke Semarang untuk ikut UN Perbaikan. Kamu bisa mencari sekolah yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan UN Perbaikan. Daftar kota maupun sekolah yang melaksanakan UN Perbaikan serta jadwal lengkap pelaksanaan dapat kamu lihat di https://unp.kemdikbud.go.id/

Ujian Nasional Gelombang II akan diselenggarakan pada tanggal 10, 11, 12 Oktober 2017 atau 13, 14, 15 Oktober 2017. Bagi kamu yang sudah bekerja, kamu bisa memilih untuk mengikuti UN Perbaikan pada akhir pekan, yaitu pada tanggal 13, 14, 15 Oktober 2017. Mungkin, Kemendikbud sengaja memberikan opsi di akhir pekan untuk memberi kesempatan bagi para alumni supaya tetap bisa mengikuti UN Perbaikan.

Jika kamu tertarik, maka sebaiknya kamu segera mendaftar, karena pendaftaran hanya dibuka sampai 23 September 2017! Ajak juga teman kamu, supaya kamu tidak sendirian.

Silakan kunjungi https://unp.kemdikbud.go.id/ untuk info lebih lengkap.


11 comments:

  1. Ini harus dikonfirmasi ke sekolah dulu atau bisa langsunh daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung daftar aja, ikuti alur yg ada di gambar terakhir

      Delete
  2. Sy lulus UN nya thn 2015 apa masih bisa ikut ini?

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau info ini, kalau daftar sekatang langsung lewat online saja ya?.
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. Unp Gelombang 3 ada gak??? Sy baru tau :)

    ReplyDelete
  5. untuk tahun 2018 bagaimana apakah dibuka kembali untuk UNP nya? untuk waktu pelaksanaannya kapan ya?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. kalo mau daftar ke perguruan tinggi swasta lalu di persyaratan disebutkan bahwa nilai un tdk ada yg boleh dibawah 70,sdgkn un saya ada yg dibawah 55. lalu saya ikut unp dan ternyata hasilnya diatas 70
    apakah saya masih bisa masuk perguruan tinggi tersebut?

    ReplyDelete
  7. Tadi saya mengerjakan UNBK sudah selesai semua, tapi masih banyak bgt ragu ragunya, terus saya lagi ngapus ngapusin tanda ragu ragunya tapi waktu udah abis dan kelogout sendiri. Jawaban saya yang masih ragu ragu apakah keitung atau jadi jawaban kosong?

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar kamu dengan tetap menjaga etika.

Powered by Blogger.