Pilih Belajar UN atau SBMPTN?



Calon mahasiswa biasanya selalu mengalami kegamangan saat akan menentukan, mana yang seharusnya mereka persiapkan lebih dahulu, apakah UN dan USBN yang langsung di depan mata, atau SBMPTN yang punya dampak lebih panjang?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjawab pertanyaan tadi.

Pertama, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus sekolah?

Jika kamu tidak ada keinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka jawabannya jelas, kamu harus fokus pada UN dan USBN untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai kemampuan kamu. Nilai di ijazah biasanya akan diperlukan bagi siswa yang memilih untuk langsung bekerja setelah lulus sekolah, tanpa kuliah dahulu.

Sedangkan jika kamu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, baik itu program Diploma ataupun program Sarjana, maka ijazah yang diperlukan untuk mencari kerja adalah ijazah terakhir, atau ijazah dari hasil kuliah. Nilai ujian kamu selama di sekolah hanya akan menjadi masa lalu, dan yang paling berpengaruh adalah prestasi kamu selama di kampus.

Selanjutnya, bagaimana penguasaan kamu terhadap materi yang selama ini diajarkan di kelas?

Bagi kamu yang sudah memantapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka kamu harus mulai mengevaluasi diri kamu. Pemahaman materi menjadi hal yang sangat penting jika ingin menaklukkan soal SBMPTN. SBMPTN dikonsep untuk diselesaikan dengan pemahaman dan analisis, bukan sekedar hafalan.

Jika kamu hanya mengandalkan hafalan, terlebih lagi hanya hafalan jawaban untuk ujian, maka kamu akan sangat kerepotan dalam menjawab soal SBMPTN. Materi SBMPTN masih ada keterkaitan dengan materi yang kalian pelajari di sekolah, dan sebaiknya kalian mulai prioritaskan persiapan SBMPTN karena itu yang lebih sulit.

Memang, strategi belajar adalah pilihan setiap orang dan juga tidak bisa disamaratakan, oleh karena itu, evaluasi diri sangat penting sehingga kamu bisa menentukan pilihan dengan matang, bukan hanya ikut-ikutan.

Jika kamu sudah memahami materinya, maka kamu bisa lebih mudah dalam mempersiapkan SBMPTN. Tapi jika kamu belum menguasai, maka kamu harus rela berjuang lebih gigih. Apalagi jika kamu mengincar kampus ataupun jurusan yang cukup favorit. Kamu harus mulai mempelajari materi dan konsep dasar yang belum kamu pahami.

Yang perlu menjadi catatan, dengan memprioritaskan SBMPTN bukan berarti menyepelekan UN ataupun USBN, karena sebenarnya semua itu berjalan secara linier. UN dan USBN adalah pemanasan sebelum kalian menghadapi rintangan yang lebih besar.

Jadi, apa yang kamu pilih? Silakan ikuti polling kami di Twitter @info3sma

No comments

Silakan berikan komentar kamu dengan tetap menjaga etika.

Powered by Blogger.